RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik permasalahan/bahasan : Masa depan dan cita-cita pendidikan/jabatan
B. Bidang bimbingan : Karier
C. Jenis layanan : Bimbingan Kelompok
D. Fungsi layanan : Pemahaman dan Pengembangan
E. Tujuan layanan/hasil yg ingin dicapai : 1. Siswa dapat merencanakan masa depan yang ingin dicapai dicita-citakan
2. Siswa dapat menentukan pendidikan/jabatan yang sesuai
F. Sasaran layanan : siswa kelas XII
G. Uraian kegiatan dan materi layanan :
1. Uraian kegiatan :
a. Tahap I : Pembentukan
1.Pembimbing mengungkapkan pengertian dan tujuan kegiatan kelompok
2.Menjelaskan cara-cara dan asas-asas kegiatan bimbingan kelompok
3.Saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri
b. Tahap II : Peralihan
1.Menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya
2.Menawarkan atau mengamati apakah apra anggota sudah siap menjalin kegiatan pada tahap selanjutnya
3.Membahas suasana yang terjadi
4.Meningkatkan kemampuan keikutsertaan anggota
c. Tahap III : Kegiatan
1.Masing-masing anggota mendiskusikan macam-macam Perguruan Tinggi dan programnya
2.Mengungkapkan hasil diskusi
3.Anggota membahas jenis-jenis pekerjaan
4.Merencanakan masa depan dan menentukan pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki
d. Tahap IV : Pengakhiran
1.Anggota mengungkapkan kesan dan hasil-hasil kegiatan
2.Membahas kegiatan selanjutnya
3.Mengemukakan pesan dan kesan
2. Uraian Materi : 1.Macam-macam Perguruan Tinggi
2.Jurusan/program yang ada dan cara memasukinya
3.Jenis-jenis pekerjaan
4.Merencanakan masa depan dan menentukan pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki
H. Metode : Diskusi dan Ceramah
I. Tempat penyelenggaraaan : Ruang kelas XII
J. Waktu : 2 x 45 menit
Semester : I (satu)
K. Penyelenggara layanan : Guru Pembimbing
L. Pihak-pihak yang disertakan dan : Kepala Sekolah, Guru Pembimbing dan Siswa
peranannya masing-masing
M. Alat dan perlengkapan yg digunakan : papan tulis, alat-alat tulis menulis dan buku paket karier
N. Rencana penilaian & tindak lanjut : 1.Rencana penilaian kegiatan BK, pembimbing mengobser-
layanan vasi dinamika kelompok dlm kelas dan umpan balik yang diberikan siswa
2.Tindak lanjut layanan, pembimbing melakukan pertemuan di luar jam praktek dengan persetujuan siswa
O. Keterkaitan layanan ini dg layanan : Kegiatan pendukungnya DCM
atau kegiatan pendukung
P. Catatan khusus : Guru pembimbing selalu memantau dan memotivasi
Tegal,
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,
………………….. ………………………..
SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG
APLIKASI INSTRUMEN
A. Topik permasalahan/bahasan : masa depan dan cita-cita pendidikan
B. Bidang bimbing : karier
C. Jenis kegiatan : Aplikasi instrument
D. Fungsi kegiatan : Pemahaman
E. Tujuan kegiatan/hasil yg ingin dicapai : untuk menseleksi masalah mana yg harus diselesaikan terlebih dahulu
F. Sasran layanan : Siswa kelas XII
G. Uraian tentang instrument :
1. Nama instrument : DCM
2. Jenis instrument : Non test
3. Pokok-pokok isi instrument : Isi yang ada dalam DCM
4. Pola pengerjaan soal : tulisan
5. Pola pengadministrasian : individual
H. Tempat penyelenggaraan : Ruang Kelas XII
I. Waktu, tanggal : 09.15 – 10.00 Wib
09.15 – 10.00
J. Penyelenggara kegiatan : Guru Pembimbing
K. Pengolahan dan interpelasi hasil : Guru Pembimbing
L. Penggunaan hasil :
1. Digunakan terhadap siapa : Siswa kelas XII
2. Digunakan dalam layanan BK apa: Bimbingan kelompok
3. Siapa yang menggunakan : guru pembimbing
4. Kapan digunakan : selama dalam pelaksanaan layanan bimbingan
5. Dimana digunakan : pada mapel BK
M. Rencana penilaian dan tindak lanjut : Dalam penilaian dinamika kelompok maka guru pembimbing
Kegiatan : mengamati dan mengobservasi jalannya kelompok, kemudian dalam tindak lanjutnya diadakan konseling perorangan.
Tegal,
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,
……………………… ……………………..
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik permasalahan/bahasan : Bebas
B. Bidang bimbingan : Pribadi
C. Jenis layanan : Konseling Perorangan
D. Fungsi layanan : Perbaikan dan pengentasan
E. Tujuan layanan/hasil yg ingin dicapai : 1. Siswa dapat mengatasi persoalan pribadi
2. Siswa dapat mengikuti KBM dengan baik
3. Siswa terbebas dari masalah
F. Sasaran layanan : siswa SMA Negeri 3 Tegal
G. Uraian kegiatan dan materi layanan :
1. Pendahuluan : a. Menjalin rappurf
b. Menerima klien dengan senang hati
2. Kegiatan : a. Merangsang klien untuk mengemukakan masalah yang sedang dialaminya.
b. Menanggapi permasalah klien
c. Penanggulangan masalah siswa dengan mengadakan tindak lanjut yang merupakan pemecahan masalah
d. Konselor membantu dalam mengambil keputusan
e. Konselor memotivasi klien dalam mewujudkan keputus-an yang telah diambil
3. Pengakhiran
4. Mengadakan evaluasi, dengan mengamati perubahan perilaku klien
H. Metode : Diskusi, tanya jawab, wawancara dan observasi
I. Tempat penyelenggaraaan : Ruang Konseling
J. Waktu : 2 x 45 menit
Semester : I (satu) dan 2 (dua)
K. Penyelenggara layanan : Guru Pembimbing
L. Pihak-pihak yang disertakan dan : Siswa, Wali Kelas, Kepala Sekolah
peranannya masing-masing
M. Alat dan perlengkapan yg digunakan : ruang konseling dan hasiln DCM
N. Rencana penilaian & tindak lanjut : proses dan hasil konseling
O. Keterkaitan layanan ini dg layanan : home visit dan alih tangan kasus
atau kegiatan pendukung
P. Catatan khusus : Guru pembimbing selalu memotivasi siswa dan selalu memantau kegiatan siswa
Tegal,
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,
……………………. …………………….
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik permasalahan/bahasan : Bebas
B. Bidang bimbingan : Pribadi, social, belajar dan karier
C. Jenis layanan : Konseling Kelompok
D. Fungsi layanan : Pengentasan
E. Tujuan layanan/hasil yg ingin dicapai : Pengembangan pribadi dan pemecahan masalah
F. Sasaran layanan : siswa kelas XI
G. Uraian kegiatan dan materi layanan :
1. Tahap Pre Group : Pada tahap ini merupakan tahapan pembentukan kelompok dimana pada tahap ini kegiatannya yaiut mensosialisasikan konseling kelompok dan bagaimana cara membentuk kelompok
2. Tahap I : Pembentukan
Tahap pembentukan kelompok, hal ini dilakukan setelah ada sosialisasi dan anggota kelompok. Pada tahap ini kegiatan dan materinya adalah :
1. Praktikan mengungkapkan pengertian dan tujuan konseling kelompok
2. Menjelaskan cara-cara dan asas-asas kegiatan konseling kelompok
3. Saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri
3. Tahap II : Peralihan
a. Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya
b. Menawarkan/mengamati apakan para anggota sudah siap memasuki pada tahap selanjutnya atau belum
c. Membahas suasana yang terjadi
d. Meningkatkan kemampuan keikutsertaan anggota
4. Tahap III : Kegiatan
a. Masing-masing anggota mengungkapkan masalah yg sedang dialami
b. Mendiskusikan masalah yang sedang dialami anggota kelompok
c. Menyimpulkan hasil diskusi
5. Tahap IV : Pengakhiran
Dalam tahap ini kegiatannya adalah mengulas kembali apa yg telah dibahas disertai dengan mengemukakan pesan dan kesan tentang kegiatan tersebut.
6. Tahap evaluasi dan tindak lanjut : Untuk tahap ini harus ada kesepakatan dengan anggota kelompok apakah perlu diadakan tindak lanut, jika perlu maka dialihkan dengan orang yang lebih berwenang yaitu orang tua/guru pembimbing
H. Metode : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
I. Tempat penyelenggaraaan : Ruang Konseling
J. Waktu : 2 x 45 menit
Semester : 2 (dua)
K. Penyelenggara layanan : Guru Pembimbing
L. Pihak-pihak yang disertakan dan : Siswa, Wali Kelas, Kepala Sekolah
peranannya masing-masing
M. Alat dan perlengkapan yg digunakan : ruang konseling
N. Rencana penilaian & tindak lanjut : 1. Tindak lanjut diadakan bila dirasa perlu oleh anggota kelompok
2. Penilaian dengan menanyakan langsung pada siswa sudah puas atau belum
O. Keterkaitan layanan ini dg layanan : Konseling perorangan
atau kegiatan pendukung
P. Catatan khusus : Guru pembimbing selalu memantau dan memotivasi siswa
Tegal,
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,
……………………. ……………………….
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
2. Materi Pengembangan : Penanaman tata krama siswa
3. Bidang Bimbingan : Akhlak mulia / budi pekerti
4. Jenis Layanan : Informasi
5. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pencegahan
6. Tujuan Layanan : 1.Siswa lebih mengetahui dan memahami tentang tata karma diberbagai lingkungan kehidupan
2.Siswa mampu memilih dan bertindak sesuai dengan tata karma yang berlaku di tempat siswa berada
3.Siswa dapat melaksanakan tata karma sebagai suatu kebiasaan dan kesadaran
7. Sasaran Layanan : Kelas XI
8. Metode Layanan : Ceramah dan tanya jawab
9. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
10. Langkah-langkah Layanan :
a. Pendahuluan
1. Mengadakan rapport
2. Tanya jawab tentang kebiasaan sesuai dalam tata krama
3. Penjelasan singkat kegiatan berikutnya
b. Penyajian
1. Memberikan penjelasan tentang
a. Pengertian tata krama
b. Jenis-jenis tata krama
c. Pentingnya tata krama dalam kehidupan sehari-hari
d. Penerapan tata krama di sekolah :
- bertata krama di sekolah
- bertata krama kepada guru di sekolah
- manfaat membina tata krama di sekolah
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami atau kurang jelas
3. Mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan
c. Penutup
1. Memberikan feed back kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan
2. Mengakhiri kegiatan bimbingan dan konseling
11. Alat dan Buku Sumber
a. Alat tulis
b. Buku panduan : - Shudarto, 1987, Tata Krama (Membangun Keselamatan Bersama),
Semarang : Media Wiyata
- Bahan Penataran P4 Depdikbud, Jakarta , 1997
12. Rencana Penilaian dan tindak lanjut
a. Rencana penilaian kegiatan BK praktikan mengobservasi dinamika kelas dan umpan balik yang diberikan siswa
b. Tindak lanjut layanan praktikan melakukan pertemuan diluar jam praktek dengan persetujuan siswa
13. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung, Bimbingan kelompok dan Konseling individual
14. Catatan khusus : Guru pembimbing selalu memantau dan memotivasi
Tegal,
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,
………………………. ……………………..
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kemampuan gambaran dan sikap tentang kehidupan-mandiri secara emosional, sosial, intektual dan ekonomi
a. Topik Permasalahan/bahasan : Pengungkapan dan keterangan berkenaan dengan kegiatan belajar siswa
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
c. Jenis Kegiatan : Aplikasi Instrumentasi
d. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Untuk mengadakan evaluasi hasil pengolahan data sebagai feed-back bagi pengembangan instrumen selanjutnya.
2. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengungkapkan kegiatan belajarnya dengan benar.
e. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian tentang Instrumen :
1. Nama instrumen : Angket Langsung
2. Jenins instrumen : Non Tes
3. Penyusunan instrumen : Melalui musyawarah guru pembimbing
4. Pokok-pokok instrumen : Tujuan belajar dan latihan
5. Pola pengerjaan soal : Tulisan
6. Pola pengadministrasian : Kelompok
h. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
i. Waktu : 2 x 45 menit
j. Semester : I dan II
k. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
l. Konsultan :
m. Pengolahan dan interpretasi hasil :
1. Siapa mengolah :
2. Siapa menginterpretasi : Guru BP/BK
n. Penggunaan hasil :
1. Digunakan terhadap siapa : Siswa
2. Digunakan dalalm layanan BK apa : Layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran, konseling dan bimbingan kelompok
3. Siapa mengunakan :
4. Kapan digunakan : Dalam pemberian layanan pembelajaran
5. Dimana digunakan :
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Mengamati partisipasi dan aktivitas siswa
2. Pemahaman siswa atas bahan-bahan yang disajikan
3. Minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
4. Kelancaran proses dan suasana penyeleng-garaan kegiatan
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Himpunan Data
q. Catatan Khusus :
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat lebih luas
a. Topik Permasalahan/bahasan : Konsentrasi dan gangguan konsentrasi dalam belajar
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
c. Jenis Layanan : Layanan Informasi
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pencegahan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Siswa terampil dalam membangun konsentrasi dalam belajar
2. Siswa terampil dalam mengatasi problem/ konsentrasi dalam belajar
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas X
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Menjelaskan pengertian konsentrasi dalam belajar
2. Beberapa gangguan dalam membangun konsentrasi dalam belajar
h. Metode Layanan : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru Orangtua Siswa dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Buku panduan “Kunjungan Study” The Liang Gie, 1998
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Evaluasi proses : keterlibatan anggota, partisipasi dan keaktifan siswa, pemahaman topik pembahasan, kelancaran layanan
2. Evaluasi isi : kedalaman pembahasan masalah
3. Evaluasi dampak : pemahaman dan dampak layanan terhadap perubahan tingkah laku siswa
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Layanan pembelajaran, informasi, orientasi dan kegiatan himpunan data
q. Catatan Khusus : Untuk layanan ini maka peran guru mata pelajaran dan wali kelas amatlah penting, oleh karena merekalah yang secara langsung mengelola aktivitas pembelajaran siswa.
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya serta kematangan dalam peranannya sebagai pria dan wanita
a. Topik Permasalahan/bahasan : Dunia Pergaulan
b. Bidang bimbingan : Sosial
c. Jenis Layanan : Informasi
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa memiliki nilai dasar humoria untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan melalui dunia pergaulan
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XI
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Pergaulan membawa sukses
2. Siswa mendiskusikan tentang pengalaman yg ada
3. Pergaulan dilingkungan sekolah
4. Pergaalan diluar sekolah
5. Pergaulan dilingkungan pekerjaan
h. Metode Layanan : Ceramah dan tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, wali kelas dan Kepala Sekolah
m Alat dan perlengkapan yg digunakan : Alat tulis dan buku panduan “Modul BK”
n. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Mengobservasikan pergaulan siswa sehari-hari dilingkungan sekolah
o. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Layanan konseling perorangan dan bimbingan kelompok
p. Catatan Khusus : Guru Pembimbing mengobservasikan pergaulan siswa sehari-hari dilingkungan sekolah.
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat
a. Topik Permasalahan/bahasan : Tugas-tugas perkembangan masa remaja akhir
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
c. Jenis Layanan : Informasi
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pencegahan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Membekali siswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas perkembangan masa remajanya.
2. Siswa memahami tugas-tugas perkembangan masa remaja akhir, sehingga terhindar dari hambatan-hambatan yang bisa menimbulkan kesulitan dalam merencanakan masa depannya
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Menerangkan tentang fasilitas tugas –tugas perkembangan masa remaja akhir, khususnya tentang kemampuan dan perkembangan pribadi
2. Mengajak dialog dengan siswa tentang masalah perkembangan remaja umumnya
3. Mengakhiri pertemuan dengan mempersilah-kan siswa untuk mencemati tugas perkembangannya
h. Metode Layanan : Ceramah dan diskusi
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru Orangtua Siswa dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Buku modul BK
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Mengamati partisipasi dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Mengamati perkembangan siswa dari waktu ke waktu
3. Mengungkapkan pemahaman siswa atas bahan-bahan yang disajikan
4. Mengungkapkan kegunaan layanan bagi siswa dan perolehan siswa sebagai hasil dari layanan
5. Mengungkapkan minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
6. Mengungkapkan kelancaran proses dan suasana penyelenggaraan kegiatan layanan
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Berkaitan dengan kegiatan pendukung instrumentasi bimbingan dan himpunan data
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila ditindak lanjuti dengan layanan berikutnya
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat
a. Topik Permasalahan/bahasan : Menempatkan posisi duduk dalam kelas yang sesuai dengan kondisi fisik dan pribadi
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
c. Jenis Layanan : Penempatan dan penyaluran
d. Fungsi Layanan : Pemeliharaan dan pengentasan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Membantu siswa agar mampu menempatkan, menyalurkan dan merealisasikan dirinya pada keadaan atau posisi yang tepat
2. Siswa dapat menempati tempat duduk yang sesuai dengan kondisi fisik dan pribadi
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Mengidentifikasi siswa kondisi fisik/pribadi nya
2. Mendiagnosa untuk menemukan salah satu penyebab dari kurang maksmimalnya menerima pelajaran
3. Membuat prognosa yaitu dengan menyampai-kan tawaran tempat duduk kelas tertentu.
4. Melakukan penempatan pada tempat yang sesuai dengan tempat duduk yang telah disepakati.
h. Metode Layanan : Wawancara
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang BP/BK
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru Orangtua Siswa dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Meja, kursi, daftar absen siswa
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Mengamati partisipasi dan aktivitas siswa
2. Pemahaman siswa atas permasalahan yang dibahas
3. Minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
4. Kelancaran proses dan suasana penyeleng-garaan kegiatan layanan.
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Kegiatan himpunan data, kegiatan instrumentasi bimbingan
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila dilakukan kegiatan himpunan data.
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual dan ekonomi
a. Topik Permasalahan/bahasan : Hak dan kewajiban siswa
b. Bidang bimbingan : Pribadi
c. Jenis Layanan : Layanan Orientasi
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan pencegahan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Mengenalkan hak dan kewajiban siswa SMA
2. Siswa memahami akan kewajibannya menjadi siswa SMA dan memahami haknya.
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Menjelaskan kewajiban siswa
2. Memberi kesempatan bertanya
3. Menjelaskan hak-hak menjadi siswa SMA
4. Mengakhir pertemuan dengan pernyataan perlu tidaknya layanan ini lebih lanjut
h. Metode Layanan : Ceramah dan tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Buku modul BK, denah sekolah dan struktur OSIS
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Mengamati perkembangan siswa dari waktu ke waktu
3. Mengungkapkan pemahaman siswa atas bahan-bahan yang disajikan
4. Mengungkapkan kegunaan layanan bagi siswa
5. Mengungkapkan minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
6. Mengungkapkan kelancaran proses dan suasana penyelenggaraan kegiatan layanan
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Instrumentasi data dan himpunan data
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila ditindak lanjuti dengan layanan berikutnya
Mengetahui,
Kepala SMA………………
NIP.
Tegal, …………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehiduapan masyarakat lebih luas
a. Topik Permasalahan/bahasan : Sikap dan kebiasaan belajar yang baik
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belejar
c. Jenis Layanan : Konseling Kelompok
d. Fungsi Layanan : Pengentasan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Terciptanya dinamika kelompok yang semakin kuat dan efektif
2. Siswa dapat bersikap jujur dan semangat dalam belajar
3. Siswa dapat bersikap dan terbiasa belajar yang baik
4. Siswa tidak melakukakn nyontek dalam setiap ulangannya.
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Tahap awal : mempersiapkan dan mengum-pulkan para calon anggota kelompok
2. Tahap I Pembentukan : pengungkapan pengertian kegiatan kelompok, saling memperkenalkan dan mengungkapkan diei, teknik khusus, permainan penghangatan
3. Tahap II Peralihan : menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya, menawarkan/mengamati apakah para anggota sudah siap menjalankan kegiatan pada tahap selanjutnya
4. Tahap III Kegiatan : pemimpin kelompok mengemukakan masalah perkelahian pelajar, tanyajawab antar anggota dan pemimpin kelompok kegiatan selingan
5. Tahap IV Pengakhiran
h. Metode Layanan : Ceramah dan tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Kursi 13 buah ditata melingkar, kertas kosong untuk mengisi “mengapa-karena”
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : Evaluasi Proses :
1. Keterlibatan anggota dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Partisipasi dan keaktifan siswa
3. Kelancaran kegiatan+
Evaluasi Isi : Kedalaman pembahasan masalah
Evaluasi Dampak : Pemahaman dan dampak kegiatan terhadap anggota
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Layanan konseling perorangan, informasi, orientasi, instrumentasi dan himpunan data
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila suasana dinamikan kelompok tidak dipengaruhi adanya ketidakseimbangan (konflik)
Mengetahui,
Kepala SMA / MA……………
Tegal, …………………….
Guru Pembimbing,
NIP. NIP.
PENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual dan ekonomi
a. Topik Permasalahan/bahasan : Perkelahian Pelajar
b. Bidang bimbingan : Sosial
c. Jenis Layanan : Bimbingan Kelompok
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan pengentasan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Terwujudnya dinamika kelompok yang semakin kuat dan efektif
2. Siswa dapat memahami bahwa kesalah-pahaman dan emosi bisa menyebabkan retaknya persatuan dan kesatuan pelajar
3. Siswa tidak akan melakukan perkelahian di sekolah maupun di luar sekolah
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan : 1. Tahap Awal : mempersiapkan dan mengum-pulkan anggota kelompok
2. Tahap I Pembentukan : Pengungkapan pengertian dan tujuan kegiatan, cara-cara dan asas-asas kegiatan kelompok, saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri, teknik khusus, permainan penghangatan
3. Tahap II Peralihan :
h. Metode Layanan : Ceramah dan tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan-
nya masing-masing : Siswa, Walikelas, Wakasek, Kurikulum, Guru dan Kepala Sekolah.
n Alat dan perlengkapan yg digunakan : Kursi 13 buah ditata melingkar, kertas kosong untuk mengisi “mengapa-karena”
o. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : 1. Keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Mengamati perkembangan siswa dari waktu ke waktu
3. Mengungkapkan pemahaman siswa atas bahan-bahan yang disajikan
4. Mengungkapkan kegunaan layanan bagi siswa
5. Mengungkapkan minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
6. Mengungkapkan kelancaran proses dan suasana penyelenggaraan kegiatan layanan
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Evaluasi Proses :
1. Keterlibatan anggota dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Partisipasi dan keaktifan siswa
3. Kelancaran kegiatan+
Evaluasi Isi : Kedalaman pembahasan masalah
Evaluasi Dampak : Pemahaman dan dampak kegiatan terhadap anggota.
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila suasana dinamika kelompok tidak dipengaruhi adanya ketidakseimbangan (konflik)
Mengetahui,
Kepala SMA / MA …………
NIP.
Tegal, ……………………
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat lebih luas.
a. Topik Permasalahan/bahasan : Informasi Perguruan Tinggi
b. Bidang bimbingan : Karier
c. Jenis Layanan : Layanan Informasi
d. Fungsi Layanan : Pemahaman
e. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa dapat memahami diri dan lingkungan sehingga mampu memantapkan pilihan programnya.
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian tentang Instrumen : 1. Pendahuluan : Tanya jawab tentang Perguruan tinggi
. 2. Menjelaskan jenis-jenis pendidikan yang berkaitan dengan pilihan program/jurusan.
h. Metode Layanan : Ceramah dan Tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam : Siswa, Wali Kelas, Wakasek, Kurikulum, Guru
dalam penyelenggaraan layanan : dan Kepala Sekolah
dan peranannya masing-masing :
n. Alat perlengkapan yang digunakan : Buku Modul BK, denah sekolah dan struktur OSIS
o. Rencana penilaian dan tindak lanjut : 1. Keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Mengamati perkembangan siswa dari waktu ke waktu
3. Mengungkapkan pemahaman siswa atas bahan-bahan yang disajikan
4. Mengungkapkan kegunaan layanan bagi siswa
5. Mengungkapkan minat siswa tentang perlunya layanan lebih lanjut
6. Mengungkapkan kelancaran proses dan suasana penyelenggaraan kegiatan layanan.
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Konseling Individual
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila ditindak-lanjuti dengan layanan berikutnya.
Mengetahui,
Kepala SMA / MA ………….
NIP.
Tegal, ………………….
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat lebih luas.
a. Topik Permasalahan/bahasan : Mengatur Waktu belajar yang baik
b. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
c. Jenis Layanan : Layanan Pembelajaran
d. Fungsi Layanan : Pemeliharaan dan pengembangan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Siswa dapat mengatur waktu belajar yg baik
2. Siswa dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian tentang Instrumen : 1. Menjelaskan tentang pentingnya mengatur waktu belajar
. 2. Menjelaskan cara-cara mengatur waktu belajar
3. Menanamkan dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar pada diri sendiri
4. Memberikan tugas siswa untuk membuat jadwal kegiatan belajar yang baik, disekolah maupun di rumah
5. Memberikan balikan terhadap tugas yang dikerjakan.
h. Metode Layanan : Ceramah dan Tanya jawab
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Penyelenggara Kegiatan : Guru Pembimbing
m. Pihak-pihak yang disertakan dalam : Siswa, Wali Kelas, Wakasek, Kurikulum, Guru
dalam penyelenggaraan layanan : dan Kepala Sekolah
dan peranannya masing-masing :
n. Alat perlengkapan yang digunakan : Buku instrument pendukung dan alat tulis
o. Rencana penilaian dan tindak lanjut : 1. Keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
2. Menelaah hasil tugas pada buku instrumen pendukung
3. Seteleh dilakukan layanan ini perlu ditindak lanjuti layanan pembelajaran cara-cara belajar yang baik
p. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Layanan informasi dan himpunan data
q. Catatan Khusus : Layanan ini akan lebih baik apabila siswa telah memperoleh data berbagai macam kegiatan yang harus dilakukan.
Mengetahui,
Kepala SMA / MA ………….
NIP.
Tegal, ………………….
Guru Pembimbing,
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat lebih luas.
a. Topik Permasalahan/bahasan : Belajar efektif dan efisien
b. Bidang bimbingan : Belajar
c. Jenis Layanan : Pembelajaran
d. Fungsi Layanan : Pemahaman dan pengembangan
e. Kompetensi yang ingin dicapai : 1. Menghilangkan kemampuan akademik dan ketrampilan berkarya untuk hidup berkeluarga di masyarakat likal, nasional, regional dan internasional melalui belajar efektif dan efisien.
2. Menghargai dan berekspresi seni melalui belajar efektif dan efisien
f. Sasaran Layanan : Siswa Kelas XII
g. Uraian tentang Instrumen : 1. Karateristik belajar efektif dan efisien
2. Strategi belajar efektif dan efisien
3. Kebiasaan-kebiasaan belajar
h. Metode Layanan : Ceramah dan diskusi
i. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
j. Waktu : 2 x 45 menit
k. Semester : I dan II
l. Pihak-pihak yang disertakan dalam : Siswa, Wali Kelas dan Kepala Sekolah
dalam penyelenggaraan layanan :
dan peranannya masing-masing :
m. Alat perlengkapan yang digunakan : Alat tulis dan buku panduan “Modul BK”
n. Rencana penilaian dan tindak lanjut : 1. Keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan dan konseling
2. Umpan balik dari siswa
o. Keterkaitan Layanan dengan Layanan
Kegiatan Pendukung : Layanan konseling perorangan dan bimbingan kelompok
p. Catatan Khusus : Guru Pembimbing mengobservasi dan memotivasi siswa.
Mengetahui,
Kepala SMA / MA ……………
NIP.
Tegal, ………………….
Guru Pembimbing,
NIP.